Cireng Makanan Merakyat

0 1465

unduhan (10)

KTD-Kala saya masih SD, salah satu jajanan tradisional yang sangat disukai teman-teman saya adalah cireng. Saya sendiri kurang begitu menyukai, karena teksturnya yang kenyal sehingga saya capek mengunyahnya.

Cireng ini dulu saya kira saudara tirinya cilok. Seperti halnya bawang merah dan bawang putih. Cireng yang baik hati dibentuk pipih kemudian digoreng, sedangkan cilok yang nakal dibentuk seperti baso, dikukus dan kemudian ditusuk lidi. Tapi ternyata saya kelewat berfantasi.

Faktanya, cireng adalah singkatan dari adonan aci yang digoreng. Aci adalah istilah dalam bahasa sunda untuk tepung kanji (tapioka). Saat disajikan hangat, cireng seperti penganan renyah yang akan mengundang bunyi kriuk-kriuk. Nyatanya, kita akan berhadapan dengan makanan kenyal. Apalagi kalau yang buatnya salah takaran. Cirengnya bisa sekenyal sandal jepit.

Cireng pada era 2000-an mulai mendapat sentuhan para pelaku industri kuliner. Jika dulu cireng yang dibuat polos, lalu makannya dicelupkan ke bumbu oncom atau kacang, lalu berkembanglah menjadi cireng isi.

Inovasi cireng dengan berbagai isi mulai dari kacang pedas, ayam pedas, kornet pedas, sosis pedas, bakso pedas, keju, udang, abon, dan kornet tidak pedas. Untuk membedakan isian cireng pun dibuat dengan berbagai bentuk seperti bentuk bunga, persegi (kotak), bulat, segitiga, hingga bentuk hati (love).

Karena mulai ada inovasi inilah saya mulai menyukai cireng. Cireng masa kini tak lagi sekenyal dulu. Juga tak perlu repot-repot menyelupkan ke bumbu encer karena sudah ada isinya. Tapi tetap, saya kurang suka cireng yang isinya aneh-aneh seperti keju atau sosis. Cireng isi kacang pedas tetap menjadi favorit saya. Bahkan anak saya yang masih usia 2 tahun sangat menyukai cireng isi. Ya, maklumlah lidah urang Sunda.

Saat saya keliling di beberapa kota di Indonesia, saya sering melihat cireng dijual oleh tukang gorengan. Tapi tetap saja yang enak adalah cireng di Bandung. Pantaslah jika teman-teman saya dari luar kota Bandung selalu ketagihan mencicipi cireng Bandung. Baik yang polos maupun isi.

Oh iya, kabarnya penyanyi Mulan Jameela adalah salah satu seleb Indonesia penggemar cireng. Tapi saya tidak tahu info lengkapnya, Mulan lebih suka cireng polos atau cireng isi.

Yang mau membuat cireng sendiri, mangga

Bahan :

Tepung tapioka sekitar 400 gram

Bawang putih bubuk secukupnya (atau bawang putih yg dihaluskan dan ditumis sebentar)

Merica bubuk secukupnya

Garam secukupnya

Seledri cincang dan bawang daun cincang secukupnya

Air panas sekitar 200 ml.

Cara Membuat : Campur tepung tapioka dengan bumbu garam, merica, bawang putih bubuk, daun seledri , dan daun bawang hingga rata. Tuang air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan bisa diuleni dan dibentuk. Jika mau dikasih isi, masukkan saat dibentuk. Kemudian, goreng hingga kecokelatan dengan api sedang.

Category: kuliner, Life Style
No Response

Leave a reply "Cireng Makanan Merakyat"