“Bulan Darah” akan Berlangsung Sore Ini

Blood-Moons

Bandung, KTD- Fenomena gerhana bulan total akan menyapa wilayah Indonesia, Rabu (8/10/14) malam. Saat gerhana terjadi, bulan yang biasanya berwarna kuning, pada malam ini akan berubah menjadi berwarna merah darah, di mana fenomena tersebut dikenal dengan "blood moon".

Gerhana ini akan terjadi pada pukul 16.15 WIB.

“Namun saat itu warga di kawasan barat Indonesia belum bisa melihatnya," kata Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Prof. Dr. Thomas Djamaludin.

Berdasarkan informasi dari BMKG, gerhana akan berlangsung dari pukul 15.14 WIB hingga 20.35 WIB, sedangkan totalitas gerhana berlangsung selama 1 jam, mulai pukul 17.24 WIB hingga 18.24 WIB.

Thomas mengatakan, pada 2014 dan 2015 akan terjadi empat kali penampakan blood moon. Gerhana bulan total ini akan terjadi pada 15 April 2014, 8 Oktober 2014, 4 April 2015 dan 28 September 2015.

"Ini yang istimewa, gerhana Bulan total 4 kali dalam dua tahun. Hal ini yang dianggap unik," katanya.

Fenomena unik lain juga bisa dinikmati, seperti penampakan Uranus dan Selenelion, saat Matahari dan Bulan terpisah 180 derajat. Seluruh wilayah Indonesia bisa menyaksikan gerhana ini.

Bagi yang berada di Indonesia timur dan ingin menyaksikan seluruh fase gerhana, pengamatan bisa dimulai pada pukul 17.14 WIT. Jika hanya ingin melihat totalitasnya, maka pengamatan bisa dimulai pukul 19.24 WIT.

Sementara bagi yang ada di Indonesia tengah, pengamatan seluruh fase gerhana bisa dimulai dari pukul 16.14 WITA. Pengamatan totalitas gerhana bisa dimulai pukul 18.24 WITA.

BMKG juga menyuguhkan peta keteramatan gerhana dari berbagai wilayah Indonesia. Hampir semua wilayah Indonesia, kecuali Banda Aceh, bisa melihat totalitas gerhana. Di Aceh, saat Bulan terbit, totalitas gerhana sudah berakhir. (ade)

Category: PeristiwaTags:

No Response

Leave a reply "“Bulan Darah” akan Berlangsung Sore Ini"