Perda Pilkades Diharapkan akan Hasilkan Kades Berkualitas

Perda Pilkades

Raperda Pilkades tengah digodog di Karawang. (Foto: Hafiz)

Karawang, KTD-Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang akan dilaksanakan di Karawang tahun 2015 harus jadi media untuk melahirkan pemimpin dan pelayan masyarakat yang visioner, bersih, dan merakyat. Sehingga Ketua Garda Pemuda NasDem Karawang, Wawan Wartawan mengharapkan, pelaksanaan Pilkades yang akan serentak dilaksanakan itu  harus sepakat  untuk menerapkan prinsip jujur, bersih, murah, dan anti politik uang.

“Perdebatan panjang dimasyarakat terkait pelaksanaan Pilkades sebetulnya bukan hal yang paling esensi. Eksekutif yang bersikukuh agar pelaksanaan pilkades bisa dilaksanakan Januari 2015. Namun legislatif yang beranggapan pelaksanaan pilkades tersebut baru bisa terlaksana sekitar Maret 2015,” ungkap Wawan, Selasa (21/10/14).

Lanjut Wawan, pertimbangannya, proses pembahasan Raperda  (Rencana Peraturan Daerah) desa yang masih berproses. Juga soal penganggaran dalam hal ini KUA-PPAS baru bisa dilaksanakan pada November 2014, RAPB tahun 2015 baru bisa disyahkan sekitar Februari menjadi APBD.

“Kami berpendapat biarkan proses itu tetap berjalan sesuai dengan mekanisme, biarkan Pansus Raperda Desa bekerja secara profesional membahas tahapan dan persyaratan pilkades nanti. Alangkah baiknya kita sebagai masyarakat mendorong pihak legislatif agar pilkades nanti bisa menghasilkan pemimpin yang berkualitas,” ujar wawan.

Menurutnya, berdasarkan Undang-Undang (UU)  nomor 6 tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa sangat menuntut Kepala Desa yang berkualitas. Pasalnnya, pemahaman pengadministrasian dan pengelolaan keuangan menjadi hal yang sangat pokok.

“Seperti yang diamanatkannya sistem informasi pembangunan desa (SIPD) berbasis online sangat menuntut para kepala desa menguasai dan memahami sistem informasi, sesuai dengan bagian ketiga pasal 86 UU No. 6 tahun 2014 tersebut,” paparnya.

Wawan berharap, agar pihak legislatif mencari formula yang efektif agar bisa dilaksanakan uji kompetensi pengelolaan kas dan pemahaman komputerisasi terhadap para calon kepala desa yang bisa dituangkan pada Raperda Desa yang sedang dibahas. Sehingga kualitas desa kedepan diharapkan bisa meningkat.(his)

 

 

Category: Karawang, PeristiwaTags:
No Response

Leave a reply "Perda Pilkades Diharapkan akan Hasilkan Kades Berkualitas"