Tahun Ini Karawang Targetkan Serap Anggaran 90 Persen

jalan

Dinas Bina Marga dan Pengairan Karawang, salah satu OPD yang menerima anggaran cukup besar untuk perbaikan sarana publik. (Dok KTD)

Karawang, KTD –Kendati sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kesulitan mencari PNS (Pegawai Negeri Sipil) yang mau menjadi Pinlak dan bendahara proyek, sektor pembangunan yang didanai anggaran pemerintah ditargetkan bisa menyarap 90 persen anggaran yang dialokasikan.

“Dari sekitar Rp3,5 trilyun anggaran pemerintah, insya Alloh di akhir tahun ini akan terserap sekitar 90 persennya,” ujar   Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Karawang, Hadis Herdiana, SH, MM, ketika dikonfirmasi karawangtoday.com, Kamis (23/10/14).

Sektor pembangunan di Karawang yang terbilang cukup besar menyerap anggaran itu berasal dari Dinas Cipta Karya, Dinas Bina Marga dan Pengairan, Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan. Sedang OPD, lain, tambah Hadis, kendati persentasenya terbilang menyerap tinggi, tapi nominal rupiahnya terbilang tidak begitu signifikan.

“Perbaikan sarana dan prasarana publik, sektor pendidikan dan kesehatan menerima anggaran yang terbilang cukup besar,” ujar Hadis.

Namun di triwulan awal, serapan anggaran dari OPD dimaksud belum seluruhnya sesuai target. Kondisi demikian lantaran mekanisme dan prosedur yang harus ditempu.

“Sebagai contoh ada jalan yang pengerjaannya telah tuntas dilaksanakan pemborong, tapi pembayarannya belum bisa dicairkan lantaran sumber dananya dari APBD Provinsi, sehingga dinas teknis terkait harus melakukan koordinasi dalam pelaksanaanya. Ini untuk menghindari adanya kesalahan prosedur ataupun administrasi yang ujung-ujungnya bisa terjerat kasus hukum,” ungkapnya.

Kendati demikian Hadis optimis, pihak terkait akan menuntaskan tugas itu. Sehingga pada waktunya anggaran yang dialokasikan bisa terserap.

“Tidak mungkin 100 persen, jangan muluk-muluk target 90 persen lah. Kami pastinya akan mencairkan anggaran yang dialokasikan itu jika berbagai persyaratan sudah dipenuhi. Jadi tidak salah,” pungkasnya. (hiz)

Category: Karawang, PeristiwaTags:

No Response

Leave a reply "Tahun Ini Karawang Targetkan Serap Anggaran 90 Persen"