6 Peserta Terbaik Kompetisi Roket Air Nasional 2014 akan Mewakili Indonesia ke Jepang

unduhan (9)

KTD-Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa banyak perubahan terhadap budaya dan kehidupan masyarakat, salah satunya adalah perkembangan dalam bidang ilmu keantariksaan. Dengan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya keantariksaan, manusia mampu menjelajah penjuru langit dan bumi, bahkan mampu menerobos luar angkasa. Oleh karenanya tak heran apabila salah satu tolak ukur kemajuan suatu bangsa adalah kemampuannya dalam penguasaan iptek keantariksaan. Salah satu cara untuk mengenalkannya kepada masyarakat, terutama generasi muda, adalah melalui kegiatan kompetisi roket air.

Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK), Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek), sebagai lembaga pemerintah yang bergerak dalam pendidikan pembelajaran dan pengajaran iptek masyarakat, mengadakan kompetisi roket air, baik regional maupun nasional, yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Cara ini diyakini akan mampu untuk meningkatkan pengetahuan, kecintaan, dan kreatifitas generasi muda kita dalam bidang antariksa yang pada akhirnya mereka akan mampu menciptakan inovasi untuk kemajuan bangsa di kemudian hari.

Selain itu, kegiatan kompetisi roket air ini juga dilatarbelakangi oleh keinginan untuk turut berperan aktif dalam kegiatan tahunan Water Rocket Event (WRE) yang diselenggarakan oleh Asia-Pacific Regional Space Agency Forum (APRSAF) sebagai langkah nyata kita dalam upaya mencapai tujuan mendidik generasi muda untuk masa depan bangsa. Kegiatan kompetisi roket air juga merupakan bentuk dukungan terhadap penyelenggaraan kurikulum 2013 yang berbasis interaktif. Rangkaian kegiatan kompetisi ini diarahkan untuk lebih membudayakan iptek untuk masa depan.

Sehubungan dengan WRE-APRSAF yang pada tahun ini akan dilaksanakan di Jepang pada bulan tanggl 29 - 30 November 2014, setelah menjalani seleksi di masing-masing daerah, 127 siswa yang berasal dari 22 wilayah kabupaten dan kota di seluruh Indonesia bertemu di PUSPIPTEK Serpong-Tangerang pada tanggal 16-17 Agustus 2014 dalam Kompetisi Roket Air Nasional (KRAN) 2014. Kegiatan ini dilakukan untuk menyeleksi 6 peserta terbaik yang nantinya dapat mewakili Indonesia dalam WRE-APRSAF tahun ini.

KRAN 2014 ini dibuka oleh Deputi Pendayagunaan Iptek, Kemenristek, Pariatmono, yang kemudian langsung diikuti oleh pembuatan roket air. Sembari menunggu peserta menghasilkan roket air yang akan mereka luncurkan dalam kompetisi, para guru pendamping yang hadir ketika itu diberikan workshop "Pembelajaran Sains berbasis STEAM" yang dibawakan oleh JRE Kaligis dan Hendra Suryanto.

Setelah lelah berkompetisi seharian penuh, keesokan harinya peserta dibawa ke Taman Mini Indonesia Indah untuk mengunjungi PP-IPTEK sehingga mereka dapat menjelajahi galeri alat peraga PP-IPTEK serta menyaksikan dan mengikuti Science Show dan Pemutaran Film Ilmiah yang merupakan beberapa program unggulan yang dimiliki oleh PP-IPTEK. Kegiatan ini ditutup dengan pengumuman pemenang dan pemberian hadiah.

Berikut adalah nama pemenang KRAN 2014:

JUARA I
Assifa Nur Fadila
SMP Negeri 1 Wates

JUARA II
Syani Maharani
SMPN 1 Padalarang

JUARA III
Muhammad Rafelino Putra
SMP Kosgoro Bogor

HARAPAN I
Budi Kosasih
SMAN 6 Kota Tangerang

HARAPAN II
Handika Rizky Lusty Pradani
SMPIT PAPB Semarang

HARAPAN III
Hendrawan Djody Saputro
MTs Attaqwa Pusat Putra Bekasi

Category: IptekTags:
No Response

Leave a reply "6 Peserta Terbaik Kompetisi Roket Air Nasional 2014 akan Mewakili Indonesia ke Jepang"