Kota Kabupaten di Jabar Bersaing Peroleh Bokor Kencana Astagina di Karawang

darsa

Binojakrama Padalangan Wayang Golek Purwa ke 32 tengah dilaksanakan di Karawang. (Foto : Mae)

Karawang, KTD- Sejumlah peserta dari 20 kota kabupaten se Jawa Barat  mengikuti  kompetisi (Binojakrama)Padalangan Wayang Golek Purwa  ke-32 yang dilangsungkan di Kampung Budaya Karawang dan akan berakhir Rabu (29/10/14).

“BinojakramaPadalangan Wayang Golek Purwa dilaksanakan setiap 2 tahun sekali dan tahun ini Karawang jadi tuan rumah,” ujar Ketua Persatuan Perdalangan Indonesia (Pepadi) Karawang, Dalang Darsa Wibisana, kepada karawangtoday.com, Selasa (28/10/14).

Kompetisi tahun ini, tambahnya mengambil tema Memperkokoh Kualitas Jati Diri Urang Sunda Melalui Pembinaan  Pengembangan Seni Padalangan/Pewayangan Wayang Golek Sebagai  Karya Seni Adhihulung.

“Besok malam akan diumumkan hasil pernilaian juri kota atau kabupaten mana yang jadi juara umum dan  juara yang lain sekaligus acara penutupan, rencananya oleh Ibu Wakil Bupati Karawang,” ungkapnya.

Diketahui, seni padalangan  atau pewayangan di Jawa Barat (Jabar) merupakan  salah satu jenis kesenian yang memiliki nilai budaya luhur. Didalamnya mengandung estetika,etika,logika,bahkan ajaran-ajaran falsafah hidup. Hal ini merupakan manisfestasi dari cipta,rasa dan karsa para leluhur yang mampu memberikan nilai-nilai positif bagi kehidupan masyarakat.

Seni adhihulung memiliki sifat sebagai mahayuningjonmo dan mahayuning buwonom,yakni salahsatu bagian dari budaya masyarakat yang telah memberikankesejahteraan bagi umat manusia(janmo)dan dunia(buwono)pada umumnya.

Seni adhiluhung yang melekat pada seni padalangan/pewayangan di Jabar selayaknya mendapatkan perhatian darisemua pihak serta diupayakan untuk tetap hidup sebagai bagian dari warisan tradisi yang telah menempatkan diri pada posisi yang sangat penting bagi kehidupan masyarakatnya.

Diselenggarakannya binojakrama padalangan wayang golek purwa ke 32 se Jabar di Karawang karena pada penyelenggaraan ke 31 di Kabupaten Bandung, Karawang berhasil meraih predikat sebagai juara ke 1 sekaligus memboyong Bokor Kencana Astagina. Itu sebab Pepadi Karawang ditunjukmenjadi penyelenggara tahun ini.(mae)

Category: Budaya, KarawangTags:

No Response

Leave a reply "Kota Kabupaten di Jabar Bersaing Peroleh Bokor Kencana Astagina di Karawang"