Curug Cinulang Sumedang, Menikmati Udara Sejuk

 

9
pintu masuk curug ciunulang

KTD- Sebuah tempat rekreasi berupa air terjun yang keindahannya sempat di abadikan dalam sebuah lagu daerah jawa barat yaitu lagu dalam bahasa sunda. Ini adalah salah satu curug yang mempunyai lokasi paling jauh dari Bandung sehingga tidak ada banyak orang yang mengetahui lebih detail tentang curug ini. Sekalipun jaraknya yang paling jauh, bukan berarti semua orang melupakan curug yang asri ini. Lokasi yang terbilang cukup dekat dengan kota Garut, namun termasuk dalam kota Bandung ini memang sangat menarik. Jaraknya hanya sekitar sebelas kilometer saja dari kota Garut. Maka dari itu, tidak heran ada banyak orang yang berasal dari wilayah Garut dan sekitarnya mengunjungi Curug Cinulang.

Curug Cinulang termasuk curug yang mempunyai debit air yang cukup besar jika dibandingkan dengan curug yang ada di sekitarnya. Jika pada curug sekitarnya pengunjung harus berjalan cukup jauh, ada yang harus berjalan satu bahkan sampai empat kilometer untuk melihat curug secara langsung, maka hal ini tidak akan terjadi pada pengunjung Curug Cinulang. Para pengunjung hanya perlu berjalan seratus meter saja untuk menikmatinya.
Mengingat ada begitu banyak pengunjung, maka pengelola Curug Cinulang membuat beberapa fasilitas yang bisa digunakan disana. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya adalah warung yang menjual makanan dan minuman serta arena bermain anak, sekalipun jumlah arena dan luasnya tidak terlalu banyak dan besar. Suhu yang ada di Curug Cinulang terbilang sangat nyaman dikarenakan mendapatkan cukup sinar matahari, walaupun ada banyak pohon di tebing curug ini.

Alamat Lengkap Curug Cinulang
Ada banyak wisatawan yang menganggap lokasi Curug Cinulang adalah di Bandung, ada juga yang menganggap masuk dalam wilayah Garut hal ini disebabkan letak curug ini berada di perbatasan Kabupaten Bandung, Garut dan sumedang, namun tepatnya alamat Curug Cinulang berada di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung,Kabupaten Sumedang, Propinsi Jawa Barat.
Jalan Menuju ke Curug Cinulang
Ada beberapa pilihan jalan untuk sampai di curug cindulang, tentunya disesuaikan dengan tempat asal kita berangkat.
Wisatawan yang menggunakan kendaraan umum dari Bandung menuju terminal bus Cicalengka (naik mobil elf jurusan Bandung-Garut atau angkot Cileunyi-Cicalengka), dari sana di lanjutkan mengambil jurusan Cicalengka – Sindulang – Sindangwangi.
Jika melalui Kabupaten Sumedang dapat melewati wilayah Parakanmuncang.

Related posts

Leave a Comment