SMAN 1 Karawang Gelar Pertunjukan Seni dan Budaya

Karawang,KTD- Para pelajar SMA Negeri 1 Karawang menggelar kegiatan pagelaran seni dan budaya yang dilaksanakan selama dua hari, Kamis dan Jumat (21-22/5). Digelar di halaman sekolah, kegiatan yang hanya diikuti oleh kelas X tersebut merupakan salah satu agenda rutin tahunan yang dilaksanakan sebagai sarana untuk berkreasi diri, mengembangkan potensi dan meningkatkan segi kreatifitas para siswanya.

“Lebih jauh pagelaran seni sebagai sarana pengembangan bakat, media ekspresi, media apresiasi dan media komunikasi bagi kita sekalian dalam upaya memajukan kesenian sebagai budaya bangsa yang harus senantiasa kita lestarikan,” ungkap Ketua Pelaksana Kegiatan Aulia Rahma.

Tidak seperti tahun sebelumnya, dalam kegiatan pertunjukan seni dan budaya tahun ini, kata Aulia, hanya diikuti kelas X yang berjumlah sembilan kelas. Setiap kelas menampilkan 12 bidang kesenian dimana tema sudah dipersiapkan oleh pihak panitia. Panitia memberikan kesempatan para peserta untuk tampi selama 80 menit.

“Untuk kelas XI memang tidak diikutsertakan. Soalnya di kurtilas tidak ada praktek seni dan budaya. Tapi meski begitu, untuk kelas XI dan para alumni juga dilibatkan dalam garapan. Ya kami anggap ini seperti pagelaran akbar,” katanya.
FOTO HL-Ilustrasi salah satu bentuk penampilan pagelaran budaya siswa

Setali tiga uang dengan Diana, ditempat terpisah, Kepala SMAN 1 Karawang, Drs, Dwi Setyono Agus M.Pd mengatakan, pagelaran seni dan budaya menjadi media untuk mendidik siswa-siswi yang difokuskan memberi bekal untuk masa depan.

“Caranya membuat kreatifitas di bidang Seni dan Budaya, sebab kalau mereka keluar dari sini (Lulus SMA) mereka dapat mengembangkan Hal Tersebut,” ucap Agus.
Kedepan event ini akan semakin dikembangkan, dimana sekolah-sekolah lain akan diundang untuk mengikuti perlombaan di bidang seni dan budaya di SMAN 1 Karawang. (Las)

Related posts

Leave a Comment