Ditagih Hasil Kunker, DPRD Cuek Is The Best

Karawang,KTD- Banyak pihak menilai ada suatu keganjilan kegiatan kunjungan kerja ke luar daerah yang dilakukan para anggota DPRD Kabupaten Karawang beberapa waktu lalu. Termasuk salah satunya adalah ketidakjelasan pengeluaran anggaran. Sebab sampai detik ini, tidak ada keterbukaan dari pihak DPRD terkait biaya kunjungan kerja yang nyatanya tidak menghasilkan apa-apa. Padahal sebelumnya, publik meminta adanya transparasi anggaran, namun tetap saja, pihak DPRD hanya diam dan tidak menggubris permintaan tersebut.

Mending jalan-jalan naik pesawat. Urusan lain bisa diselesaikan belakangan.
Mending jalan-jalan naik pesawat. Urusan lain bisa diselesaikan belakangan.

Seperti belum lama ini misalnya, sejumlah anggota DPRD Karawang melakukan kunjungan kerja ke Surabaya. Entah apa yang akan dibahas disana, karena saat dikonfirmasi sejumlah dewan enggan berkomentar satu pun.
Padahal, perlu adanya keterbukaan terkait pembahasan di Surabaya tersebut. Apalagi, pelaksanaanya memakan waktu sampai tiga hari. Tentunya harus ada suatu informasi kepada publik, bahwa DPRD melakukan kunjungan kerja.

Sebelumnya, Ketua DPRD Karawang, Toto Suripto pernah berjanji akan menginformasikan hasil kunjungan kerja para anggota DPRD kepada publik. Namun ada hal yang dirasa mengganjal dan terkesan aneh, sebab dirinya mengaku tidak mengetahui besaran anggaran yang dikeluarkan untuk setiap kali melakukan kunjungan kerja. Pasalnya, anggota DPRD hanya terima matangnya saja.

“Untuk anggaran bukan DPRD yang ngurus. Itu ada bagian sendiri. Saya hanya terima siap berangkat saja ke tempat yang akan dituju, kemudian terkait hasil kunjungan nanti pastinya akan kami ekpose kepada publik, termasuk perjalanan dari Karawang hingga lokasi, tempat tidur dan makan sudah diatur oleh bagian kunjungan DPRD, termasuk oleh Sekretaris DPRD yang mengatur. Wakil rakyat yang berangkat kunjungan, setiap orang mendapatkan uang saku sebesar Rp300 ribu/anggota DPRD,” beber Toto.

“Jadi soal anggaran yang dikeluarkan saya tidak tahu berapa jumlahnya. Silahkan bisa konfirmasi saja langsung. Yang jelas anggota DPRD sudah siap berangkat saja,” katanya. (May)

Related posts

Leave a Comment