Ratusan Korban PHK Kecewa, Sulit Saat Cairkan Dana JHT

antrian pencairan BPJS Ketenagakerjaan

KTD- Banyak pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja akibat imbas anjloknya nilai tukar rupiah terhadap dolar, membuat para pekerja yang menjadi korban PHK kecewa karena kesulitan dalam mencairkan dana jaminan hari tua, padahal mereka mengaku telah memenuhi sejumlah persyaratan yang di minta oleh Badan Penyelenggara JaminanSosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Hal tersebut bisa terlihat dari antrian para peserta ini menjadi pemandangan rutin yang terdapat di kantor BPJS Ketenaga kerjaan Kabupaten Karawang. Sejak pagi sampai siang hari, antrian ini tidak pernah berkurang dan terus bertambah hingga mencapai ratusan orang.

Secara admintrasi mereka juga mengaku telah mengikuti semua prosedur yang diminta oleh BPJS. Namun, pihak BPJS seolah mempersulit untuk melakukan pencairan.

Tak hanya itu, dari beberapa korban PHK sudah ada yang menunggu hingga lima bulan untuk pencairan dana jaminan hari tua. Sebut saja Endang Sunjana salah satu korban PHK yang saat ini masih mengikuti antrian panjang untuk dapat mencairkan dana tersebut.

Saat akan mengkorfimasi terkait hal ini kepada pihak BPJS karawangtoday.com mengalami kesulitan untuk menemui pihak terkait.

Dengan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar, banyak perusahaan yang terpaksa melakukan PHK terhadap ratusan  karyawannya. Dan menurut data Disnakertrans ada ratusan pekerja yang saat ini telah di PHK oleh perusahaannya. (may)

 

Related posts

Leave a Comment