SMAN 6 Karawang Terima NPSN Sebagai Sekolah Mandiri

sman 6 karawang
Karawang, KTD- Januari 2016 ini, SMAN 6 Karawang terus berbenah menjadi sekolah unggulan di Kabupaten Karawang. Terlebih, Unit Sekolah Baru (USB) yang menginduk di SMAN 3 Karawang belum lama ini telah menerima Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
“Itu tandanya sekolah kami sudah menjadi sekolah mandiri. Tidak menginduk lagi di SMAN 3 Karawang,” ucap Kepala SMAN 6 Karawang, Drs. Dedi Supriadi saat diwawancari di Kantornya, Kamis (7/1).
Secara otomatis, kata Dedi, segala bentuk pengelolaan seperti penggajian guru, pengisian data siswa, bantuan dana operasional sekolah (BOS) dan bantuan operasional perawatan fasilitas (BOPF) menjadi tanggung jawab sekolah.
Selain pada bentuk pengelolaan, pihaknya terus melakukan komunikasi dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang dalam hal pengadaan lahan serta gedung. Menurut informasi yang telah diterima, pembangunan gedung SMAN 6 Karawang rencananya dimulai setelah pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih, Juni mendatang.
“Sementara ini yang kami dengar lahan untuk pembangunan gedung sekolah ada disekitar pinggiran irigasi di Desa Kepuh, Karawang Barat,” katanya.
Dedi yakin sekolahnya lambat laun bisa bersaing dengan sekolah favorit lainya, seperti SMAN 1 dan SMAN 3 Karawang. Maka sebagai upaya untuk terus memacu siswa dan guru agar bisa meningkatkan prestasi di bidang akademis, beberapa waktu lalu pihak sekolah telah memberikan penghargaan bagi siswa siswi peraih juara umum  pada semester 1 dan pemberian hadiah bagi para juara lomba classmeeting siswa. Selain itu sebagai motivasi peningkatan kualitas kinerja, sekolah juga memberikan reward bagi guru-guru yang dinilai memiliki dedikasi tinggi terhadap profesinya dalam memberikan pengajaran kepada siswa.
SMAN 6 Karawang hanyalah salah satu program USB yang dicanangkan oleh Disdikpora dua tahun lalu. Masih ada sekitar tujuh USB lagi yang menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi Disdikpora dalam persoalan pengadaan lahan dan gedung. Tujuh sekolah lainnya adalah SMAN 2 Telukjambe Timur (Sekolah induk SMAN 1 Karawang), SMAN 1 Majalaya (Sekolah induk SMAN 5 Karawang), SMAN 1 Cibuaya, SMAN 3 Cikampek, SMAN 2 Klari, SMAN 1 Tegalwaru, SMAN 1 Telukjambe Barat. (Nji)

Related posts

Leave a Comment