Tanamkan Karakter Kedisiplinan, SMKN 1 Karawang Persiapkan Siswa Terjun ke Dunia Kerja

Karawang, KTD- Seluruh siswa baru SMKN 1 Karawang harus siap dengan program pembiasaan, karakter disiplin dan tanggung jawab, menirukan program pembiasaan yang ada di dunia industri. Demikian disampaikan Kepala SMKN 1 Karawang, Agus Rukmawan M.Pd saat ditemui di sekolahnya dalam kegiatan Masa Tamu Pramuka Ambalan, Sabtu (21/7) pagi. Kegiatan Masa Tamu Pramuka Ambalan adalah lanjutan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang tiga hari sebelumnya sukses digelar.

Selanjutnya, kata Agus, ia meminta para siswa baru bisa menjaga nama baik dan bekerjasama dengan seluruh komponen sekolah agar bisa menciptakan iklim kegiatan belajar mengajar yang tertib dan kondusif.
“Semoga mereka bisa secepatnya beradaptasi dengan program program kedisiplinan di sekolah,” kata Agus.
Selaku Kepsek, Agus merasa bertanggung jawab untuk mengantarkan cita-cita para siswa baru tersebut terwujud, seperti bekerja di berbagai perusahaan ternama baik di lokal Karawang maupun luar negeri. Untuk itu, pihak sekolah sangat serius dan terus berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik.
“SMKN 1 ini ibaratkan kendaraan yang akan mengantarkan mereka mewujudkan mimpi. Para guru juga sudah dibekali dengan ketrampilan yang memadai sehingga sanggup menghasilkan output SDM seperti yang diharapkan” tandasnya.
Sementara Waka Kesiswaan SMKN 1 Karawang, Alia Maenina M.Pd menambahkan, siswa baru, oleh pihak sekolah telah diberitahu soal pentingnya menjaga kesehatan. Sebab, menjadi siswa di SMKN 1 Karawang perlu memiliki daya tahan tubuh kuat.
“Ya memang perlu karena ini sebagai dasar penguatan karakter sebagai orientasi jurusan. Mereka diberi gambaran pembiasaan disiplin di sekolah sama seperti di perusahaan. Jadi biar nanti mereka tidak kaget kalau sudah lulus dan bekerja,” ujar Alia.
Perlu diketahui, tahun ini, SMKN 1 Karawang menerima 834 siswa baru yang mengisi 11 jurusan. Generasi siswa baru ini merupakan angkatan ke-54 sejak dibuka tahun 1965. (Panji)

Related posts

Leave a Comment