BKPSDM Tindak Tegas ASN yang Mangkir Kerja Usai Libur Natal

Karawang, KTD- Badan Kepegawaian Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karawang akan memberikan sanksi tegas kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Karawang yang kedapatan mangkir kerja usai libur Natal. Bahkan ASN sudah dilarang mengajukan cuti kerja saat musim libur Natal dan Tahun Baru.

“Kami ingatkan agar ASN kembali masuk kerja. Liburan sudah selesai,” tegas Kepala BKPSDM Karawang Asep Aang Rakhmatullah saat diwawancarai, Minggu (27/12/2020) siang.

Aang mengatakan, pihaknya akan memberikan sanksi jika ada ASN yang bolos kerja setelah libur Natal dan Tahun Baru ini.

“Sanksi yang kita berikan tergantung dari dampaknya terhadap unit kerja atau instansi.” katanya.

Menurut Asep Aang, sesuai dengan PP.53 tahun 2010 tentang hukuman disiplin bagi PNS, para ASN wajib menaati segala aturan perundang undangan.Bolos kerja merupakan pelanggaran terhadap aturan tersebut. “Kecuali dia tidak masuk kerja karena alasan tertentu seperti sakit misalnya dapat dipertimbangkan.” katanya.

Asep Aang mengatakan Pemkab Karawang sudah mensosialisasikan larang cuti kerja saat musim libur tahun ini. Bahkan ASN juga sudah diimbau agar tidak melakukan perjalanan keluar kota saat libur. “Saat pandemi Covid-19 saat ini bagusnya dirumah saja karena beresiko melakukan perjalanan keluar kota. Berdasarkan pemantauan kami imbauan agar tidak keluar kota cukup efektif karena belum ada laporan ASN yang libur keluar kota.” katanya.

Menurut Asep Aang, jumlah ASN di Karawang mencapai 21.031 orang dengan rincian PNS 10.240, non PNS 10.975. Setiap ASn yang pergi keluar kota saat libur diharuskan melapor kepada pimpinannya dan diteruskan ke BKPSDM.

“Siapa tahu ada urusan mendesak boleh saja tapi harus lapor,” katanya.

Related posts

Leave a Comment