Tingkatkan Minat Baca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gelar Lomba Bercerita

Karawang, KTD – Untuk menumbuh-kembangkan minat baca siswa, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Karawang mengadakan Lomba Bercerita SD/MI Tingkat Kabupaten tahun 2021.

Kegiatan yang dilaksanakan di Britz Hotel, Kamis (8/4/2021) ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Kegiatan tersebut diikuti 12 peserta siswa-siswi kelas 4 dan 5 yang berasal dari 30 kecamatan.

Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Drs Haryanto mengungkapkan bahwa melalui lomba bercerita ini, para siswa dapat meningkatkan budaya gemar membaca.

“Supaya anak-anak gemar membaca, budaya baca mereka meningkat. Sehingga dengan membaca, bisa bercerita, bisa mengetahui tentang dunia,” ungkap Haryanto dalam sambutanya.

Tahun ini, lanjut Haryanto, peserta diwajibkan untuk bercerita mengenai cerita lokal yang ada di Kabupaten Karawang. Hal tersebut dengan tujuan agar anak anak dapat mengetahui cerita cerita lokal, sehingga cerita lokal tidak akan hilang seiiring dengan perkembangan zaman.

Ia menilai melalui lomba bercerita ini dapat dimanfaatkan sebagai media menanamkan cinta kebudayaan bangsa, membangun pendidikan karakter, meningkatkan kecerdasan, inovasi serta daya kompetitif bangsa.

“Melalui cerita kita membangun karakter anak kita. Selain itu, guru juga bisa membangun karakter melalui cerita. Anak anak dibudayakan membaca, mengetahui, berinovasi, kreasi, berkarya atau produktif,” katanya. (red)

Related posts

Leave a Comment