Seniman se-Jabar Galang Aspirasi, Pilih Ketua Paguyuban sekaligus Bentuk Raperda Seni dan Budaya

Karawang, KTD –

Paguyuban Seniman (Pase) akhirnya terbentuk dan memutuskan Nace Permanas ebagai Ketua de-Jawa Barat (Jabar) usai gelaran kongres Seniman Jawa Barat di Swissbellin Hotel, Kamis (18/11/2021) siang kemarin.

Pase terbentuk dari kesepakatan para seniman se -Jabar dari 27 Kabupaten dan Kota yang selama dua hari berturut-turut menggelar kongres tersebut dalam rangka membahas peraturan daerah baru bagi para seniman dan budayawan.

Hadir Ketua Komisi II DPRD Jawa Barat, Rahmat Hidayat Djati, Ketua Komisi V DPRD Jawa Barat, Dr. H. Abdul Haris Babihoe, Sekda Karawang H. Acep Jamhuri serta Anggota DPRD Karawang Fraksi Partai Gerindra H. Endang Sodikin dan Ketua Lodaya Nace Permana.

Ketua Pase Jabar Nace Permana mengatakan kegiatan yang digelar tersebut merupakan sebuah momentum kebangkitan seniman yang selama ini kurang mendapat perhatian dari Pemerintah.

“ Kami berinisiatif mengumpulkan teman – teman seniman beserta Dinasnya masing – masing, sebanyak 27 Kabupaten/Kota se Jawabarat, sehingga bisa tergelar kongres ini,” ujar Nace saat diwawancarai.

Lebih lanjut Nace Permana yang juga diketahui sebagai Ketua LSM Lodaya, menyampaikan ada tiga agenda penting dalam helaran kongres yang pihaknya gelar, salah satunya pemilihan Ketua, yang menghantarkannya terpilih sebagai Ketua.

“Ada tiga agenda bahasan dalam kongres ini, yang pertama penyusunan AD/ART, pemilihan ketua dan merancang pembuatan Raperda Inisiatif pemberdayaan seniman dan budayawan dan akan didorong untuk dibahas di DPRD Provinsi Jawabarat,” jelasnya.

Ia menjelaskan alasan Raperda yang pihaknya inisiasi dan harus masuk kedalam Prolegda DPRD Jabar tahun 2022, merupakan produk regulasi yang akan memberikan perhatian khusus kepada para seniman di Jawabarat, yang sudah diamanatkan kedalam Undang – undang nomor 5 tahun 2017 tentang seniman dan kebudayaan.

“Raperda ini dirancang agar para seniman dan budayawan khususnya di Jawabarat lebih diberdayakan, seperti yang kita ketahui Jawabarat kaya akan potensi seni dan budaya tapi minim perhatian dari pemerintah, dengan adanya Raperda ini didorong, merupakan upaya awal bagaimana para seniman diberdayakan, sehingga mampu mengangkat seni dan budaya Jawa barat, karena parameter derajat sebuah bangsa bisa diukur oleh budayanya,” tandas Nace.

Sekda mendukung penuh dilaksanakanya kegiatan tersebut dan mendorong terciptanya peraturan daerah (perda) untuk para seniman dan budayawan.

“Acara ini semoga bisa menjadi spirit kemajuan budaya dan seni di Jawa Barat,” ucap Sekda. (red)

Related posts

Leave a Comment