800 Guru Honorer P3K Karawang Ikuti Ujian

Karawang,KTD – Ujian P3K bagi guru honorer dari tingkat SD hingga SMA dan SMK dilaksanakan di SMA Negeri 3 Karawang, Kamis (9/12/2021) pagi.

SMA Negeri 3 Karawang menjadi tempat pelaksanaan ujian P3K bagi guru honorer. Sejumlah 800 peserta mengikuti ujian tersebut. Kegiatan berlangsung dari Selasa (7/12) hingga Jumat (10/12).

Dalam satu hari dibagi menjadi dua sesi. Terdapat tiga jenis soal tes, pertama tentang managerial. Kedua sosio kultural. Selanjutnya tentang tata kelola pendidikan dan kemampuan pengelolaan tata cara mengajar.

“Hari ini ada kegiatan tes P3K sejumlah 800 peserta dari tingkatan SD, SMP, SMA dan SMK,” ujar Iwan Rojali, Wakil Kepala Sekolah bidang hubungan masyarakat SMA 3 Karawang.

Peserta mengerjakan soal sebanyak 155 hanya dalam waktu 120 menit. Salah satu peserta menyampaikan jika ia telah mempersiapkan diri sebelum mengikuti ujian. Ia belajar setiap hari. Ia memiliki keyakinan penuh untuk lolos hasil ujian tersebut.

“Soalnya cukup padat ya dalam waktu yang cukup singkat. Ya kita kan guru jadi setiap hari sudah belajar, Insyallah optimis untuk lulus,” ungkap Ahmad Fauzi, guru SMK Taruna Karya 1.

Sebelum peserta memasuki ruang ujian, pihak pengawas utama dan panitia telah memeriksa isi bawaan peserta. Selain itu peserta hanya diperbolehkan membawa KTP, kartu peserta dan alat tulis. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya kecurangan. Peserta yang telah lulus dalam ujian P3K maka akan dijadikan Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Sementara ini kan pengangkatan guru sebagai ASN cukup sulit, pemerintah mencoba menghargai jerih payah guru honorer yang telah senior dan yang baru melamar untuk menjadi ASN,” pungkas Dany Fajar Nugroho, pengawas utama. (red)

Related posts

Leave a Comment