Sosialisasikan Germas, Dinkes Undang Korwilcambidik

Karawang, KTD – Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang mengadakan kegiatan gerakan masyarakat dengan mengundang seluruh Korwilcambidik.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Karawang, dr. Nurmala menilai Gerakan masyarakat (germas) hingga saat ini masih belum diterapkan sepenuhnya di wilayah Kabupaten Karawang.

Tujuan Dinkes mengundang korwilcambidik agar germas tersebut dapat diterapkan dimulai dari anak-anak. Setelah anak-anak berhasil menerapkan, maka orangtua pun akan mengikuti.

“Tujuan kami mengajak korwilcambidik supaya mereka dapat mengajarkan kepada anak-anak dan menerapkan di lingkungan sekolah terlebih dahulu,” ujar Nurmala, Kamis (9/12/2021) pagi.

Ia menjelaskan, ada tujuh indikator yang menjadi germas. Pertama diadakan kamar mandi. Sekarang sebagian besar masyarakat masih melakukan buang air besar dan kecil di sawah ataupun kebun. Hal tersebut ditemukan pada saat melakukan survey di daerah Kepuh, Kecamatan Karawang Barat.

“Indikator germas itu kan ada tujuh salah satunya pengadaan jamban karena masih ada warga yang buang hajat sembarangan,” ungkapnya.

Indikator selanjutnya yakni dengan tidak merokok. Adanya ruangan yang di bebaskan merokok seharusnya tidak diperlukan. Hal ini dikarenakan agar masyarakat dapat perlahan mengurangi rokok.

“Kalau ada sekolah yang memiliki ruang bebas merokok sebenernya itu salah karena sebagai tenaga pendidik seharusnya memberikan contoh yang baik,” pungkasnya. (red)

Related posts

Leave a Comment