Selain Infrastruktur, Ekonomi Kreatif Jadi Fokus RKPD 2023

Karawang, KTD – Pemerintah Kabupaten Karawang fokus untuk meningkatkan ekonomi, terutama dalam sektor ekonomi kreatif. Selain bidang ekonomi, Pemkab Karawang juga fokus dalam bidang sosial dan infrastruktur.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Bupati Karawang, H. Aep Syaeluloh SE saat memimpin rapat Forum Perangkat Daerah Kabupaten Karawang dalam rangka Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023 di Ballroom Mercure Karawang, Selasa 8 Maret 2022.

Tema RKPD tahun 2023 yakni Penguatan Ekonomi Kerakyatan yang Berbasis Potensi Lokal Serta Ekonomi Kreatif. Wabup menyampaikan, tema tersebut bukan hanya milik Dinas Koperasi, Dinas Pariwisata atau Dinas Perindag.

“Ini merupakan tanggungjawab bersama. Jangan lagi ada perangkat daerah mengatakan bahwa RKPD 2023 hanya tugas dinas tertentu saja. Semua bekerja untuk masyarakat,” kata H. Aep.

Wabup berujar, forum ini bukan hanya acara formalitas. Namun harus menjadi forum menyatukan persepsi dan komitmen untuk bersama-sama membangun Karawang dan melayani masyarakat Karawang.

Wabup berpesan, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan RKPD tahun 2023, yakni Pedomani RPJMD 2021-2026, terutama target-target prioritas seperti koperasi dan UMKM, ekonomi kreatif selain target pendidikan, kesehatan, infrastruktur.

Penyusunan RKPD juga harus menjadi perbup. Ditargetkan paling lambat Mei 2022. Tak hanya harus selesai tepat waktu, namun harus juga selesai tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Penyusunan RKPD tahun 2023 juga perlu didukung dengan penyusunan rencana inovasi tahun 2023, agar pelaksanaan RKPD tahun 2023 berjalan efektif dan efisien serta tepat sasaran,” ujar H. Aep.

Dalam rapat tersebut dihadiri oleh Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, DPMD, Disdukcatpil, Dinsos, Dinkop, Disperindag, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, Satpol PP, DP3A, Dinas Arsip dan Perpustakaan, Dishub dan DLHK. (red)

Related posts

Leave a Comment