Keren, Telaga Desa KIIC Latih Puluhan Kader PKK untuk Optimalisasi Pekarangan Serta Pembuatan Kompos

Karawang, KTD – Telaga Desa KIIC memberikan pelatihan optimalisasi lahan pekarangan dan pembuatan kompos cair dan padat bagi pengurus dan anggota PKK Se-Kabupaten Karawang, Rabu (30/3/2022) pagi di Telaga Desa.

Sebanyak 30 peserta yang merupakan para perwakilan pegurus PKK se-Kecamatan Karawang ditambah dengan para pengurus PKK tingkat kabupaten nampak antusias mengikuti pelaksanaan pelatihan tersebut.

Aris Sulistyo selaku narasumber dan pelatih dalam acara itu mengungkapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terdiri dari kaum ibu dan wanita ini merupakan potensi yang cukup strategis untuk berperan aktif dalam pembangunan desa, kecamatan maupun kabupaten.

“Kaum ibu juga berfungsi sebagai motor penggerak bagi keluarga yang harus terus dilatih dan ditingkatkan pengetahuan dan kemampuannya dalam memberdayakan dan mensejahterakan keluarganya. Setelahnya, bisa ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan peningkatkan ekonomi maupun pembangunan desa,” kata Aris saat diwawancarai.

Aris menyebut terpilihnya para kader PKK ini karena program PKK berhubungan dengan Pokja 3 yaitu pangan. Ujung tombak desa menurutnya ada di tangan para kader PKK.

“Para peserta ini nantinya bisa mengeduaksi pelatihan hari ini ke desa desa yang bisa dilaksanakan di desanya masing masing,” ujarnya.

Ia melanjutkan, sebagian besar peserta pernah mengikuti kegiatan serupa beberapa tahun lalu. Pelatihan terpaksa dihentikan akibat wabah pandemi covid-19.

“Peserta untuk hari ini secara umum yang datang antusias sekali. Bahkan sebelum acara selesai, ada sesi interaksi aktif antara kami dengan para peserta soal materi yang tadi kami sampaikan,” jelasnya.

Sebagai bentuk apresiasi pihak Telaga Desa KIIC, kata dia, para peserta diberikan bantuan pohon bibit terong sebanyak 300, bibit singkong 600 serta 35 tanaman kubis.

“Melalui bantuan itu, nanti kami akan meninjau sejauh mana bibit bibit tersebut tumbuh dan berkembang setelah diberikan pelatihan hari ini,” katanya.

Perlu diketahui, Telaga Desa dibangun oleh KIIC dan perusahaan-perusahaan yang ada di dalam Kawasan Industri KIIC (telaga desa member) sebagai sarana atau sebuah work shop untuk program-program pengembangan ekonomi berbasis pertanian, perikanan dan pelestarian lingkungan untuk masyarakat sekitar dan karyawan perusahaan. Dan pada tanggal 9 Mei 2014, telaga desa di tetapkan sebagai Taman Keanekaragaman Hayati Ex-situ oleh Bupati Karawang. (red)

Related posts

Leave a Comment