Sekda Karawang Buka Latsar CPNS Golongan II dan III Tahun 2022

Karawang, KTD – Sekda Karawang, H. Acep Jamhuri menghadiri kegiatan Pembukaan pelatihan dasar (latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan II dan III Angkatan I sampai VI di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang Tahun 2022, Selasa (26/4/2022) di Gedung Diklat Karawang.

Sekda menjelaskan Pegawai Negeri Sipil sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki kewajiban mengelola dan mengembangkan dirinya dan wajib mempertanggungjawabkan kinerjanya dalam melaksanakan manajemen sebagai ASN.

“Seperti kita ketahui bersama didalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara mengamanatkan bahwa PNS berkewajiban mengakomodir tuntutan masyarakat terhadap PNS dimana integritas, profesionalitas dan berkinerja optimal menjadi nilai-nilai utama,” kata Sekda.

Sekda mengungkapkan, saat ini telah terjadi pergeseran paradigma PNS dua dekade yang lalu dimana menempatkan birokrasi sebagai aparatur negara yang minta dilayani oleh masyarakat.

“Sedangkan saat ini telah menjadi paradigma baru bahwa PNS harus tanggap akan perkembangan yang terjadi di masyarakat yang bergerak secara dinamis dan harus mampu menjawab tantangan dari tujuan otonomi daerah yaitu mewujudkan akuntabilitas kinerja yang bermuara pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Setelah resmi menyandang PNS, lanjutnya, para CPNS yang mengikuti pelatihan dasar atau Latsar ini diminta Sekda untuk bekerja dengan baik, jujur dan beretika sebagai abdi negara.

“Jadi bapak dan ibu harus rajin bekerja untuk melayani masyarakat, punya jiwa melayani dan jiwa profesional sebagai seorang PNS,” pesanya

Latsar CPNS Tahun 2022 Golongan II dan III Angkatan I sampai VI
yang diselenggarakan oleh BKPSDM Kabupaten Karawang ini diikuti oleh 212 orang, yang diikuti oleh 36 orang secara tatap muka dan sisanya mengikuti secara virtual. Sementara peserta golongan III 133 orang dan golongan II berjumlah 9 orang.

Kepala BKPSDM Karawang, H. Asep Aang Rahmatullah mengungkapkan kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika Pegawai Negeri Sipil (PNS) sesuai dengan kebutuhan instansi serta menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Selain itu, memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman dan pemberdayaan masyarakat serta menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan umum dan pembangunan demi terwujudnya kepemerintahan yang baik,” ungkapnya. (red)

Related posts

Leave a Comment