Waroeng Lengkong, Simbol Bangkitnya Seni Budaya Karawang

Karawang, KTD- Ada yang berbeda terlihat dari markas Kodim 0604 Karawang. Markas para Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang biasanya terkesan “garang” itu kini ada bagian yang disulap menjadi tempat nongkrong yang dinamai Waroeng Lengkong. Lokasinya ada disisi komplek Kodim 0604 atau tepat di belakang kantor Pemda Karawang.

Waroeng Lengkong resmi dibuka oleh Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana bertepatan dengan momentum Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-144, Jumat (20/5/2022) sore.

“Momentum pembukaan Waroeng Lengkong bertepatan dengan Harkitnas. Semoga di tempat ini juga akan menjadi cikal bakal bangkitnya seni dan budaya di Karawang,” ungkap Bupati.

Bupati bercerita, dalam sejarah pergantian Dandim di Karawang, baru pertama kali ini ia temui seorang komandan yang sangat mencintai seni dan budaya.

“Selama saya menjabat ada 13 orang Dandim yang datang silih berganti. Namun baru kali ini ada Dandim yang sangat concern terhadap seni budaya dan juga mau memfasilitasi para seniman dan budayawan,” ungkap Bupati.

Masih cerita Bupati, sekitar tiga bulan lalu, Dandim 0604 memberikan sebuah gagasan dan cita cita yang dianggapnya sangat cemerlang.

“Pak Dandim ini punya ide ingin buat satu wadah atau tempat yang bisa membawa manfaat dalam rangka mendukung ekonomi kreatif. Pertama untuk memberikan wadah para pelaku UMKM dan pelaku seni. Tanpa pikir panjang langsung kami dukung. Semoga darisini, tujuan akhirnya adalah mengembangkan kampung budaya,” terangnya.

Dandim 0604 Karawang, Letkol (Kav) Makhdum Habiburrahman mengatakan untuk membangun sebuah bangsa harus berkolaborasi. Dibentuknya Waroeng Lengkong sendiri merupakan sebuah keberhasilan adanya kolaborasi seluruh pihak yang telah menyumbangkan dana, tenaga, ilmu dan pemikiran.

“Saya mengajak para seniman budayawan untuk memberikan nyawa tempat ini. Bangunan ini juga tak lepas dari dedikasi mereka mulai dari lukisan, anyaman,” ucapnya.

Ia menyebut pembukaan Waroeng Lengkong memiliki banyak intisari selain bertepatan dengan Harkitnas, juga bertepatan dengan HUT Kodam III/SLW ke-76. (red)

Related posts

Leave a Comment