Angka Kehamilan di Karawang Meningkat Usai Pandemi, Ini Sebabnya

Karawang, KTD – Angka Kehamilan di Kabupaten Karawang per bulan Maret tahun 2022 mencapai angka 17.720 orang. Angka tersebut lebih tinggi jika dibandingkan dengan angka kehamilan per bulan Desember tahun 2021 yang hanya 19.147 orang.

Jumlah angka tersebut berdasarkan pantauan data Laporan Pencapaian Peserta KB Aktif tahun 2022 dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Karawang. Selasa (7/6/2022) pagi.

Kepala Seksi (Kasi) Peserta Keluarga Berencana (KB) dari DPPKB Kabupaten Karawang, Nahrowi menjelaskan faktor penyebab meningkatnya angka kehamilan diantaranya yang tidak menggunakan alat kontrasepsi atau ikut program KB.

“Ya itu, rata-rata disebabkan karena bertambahnya angka pernikahan, Pasangan Usia Subur (PUS) tidak menggunakan alat kontrasepsi yang ingin memiliki anak cepat ,” Jelasnya.

Dalam upayanya menekan angka kehamilan tersebut, Ia mengatakan, pihaknya telah melakukan langkah-langkah penekanan kehamilan mulai dari pedesaan hingga perkotaan.

“Sosialisasi, kita sudah melakukan cara tersebut mulai dari wilayah pedesaan hingga perkotaan untuk mengajak masyarakat untuk menggunakan alat kontrasepsi guna menekan angka kehamilan serta mengendalikan angka kependudukan di Kabupaten Karawang ini,” Katanya

Selain melakukan sosialisasi KB di wilayah Pedesaan dan Perkotaan, pihaknya juga melakukan sosialisasi KB sejak dini di Sekolah- Sekolah.

” kita lakukan juga sosialisasi juga ketingkat Sekolah guna mengantisipasi jika mereka yang setelah lulus SMA atau SMK langsung menikah, jadi mereka paham kenapa dianjurkan untuk KB,” Ujarnya

Kemudian, Ia berharap atas upaya yang telah dilakukan oleh pihaknya, angka kehamilan dan pengguna alat kontrasepsi pada tahun 2022 ini stabil.

“Ya semoga saja tahun ini angka kehamilan tidak melebihi tahun 2021 lalu serta jumlah keluarga yang ikut KB meningkat,” Pungkasnya

Sekedar informasi, menurut data Laporan Pencapaian Peserta KB Aktif tahun 2021, Peserta KB Aktif sejumlah 409.713 Orang., Angka Kehamilan sejumlah 19.147 Orang dan PUS Bukan Ber KB sejumlah 157.775 Orang.

Dan untuk Laporan Pencapaian Peserta KB Aktif per bulan Maret 2022, Peserta KB Aktif sejumlah 279.856 Orang., Angka Kehamilan sejumlah 17.720 Orang dan PUS Bukan Ber KB sejumlah 157.394 Orang. (red)

Related posts

Leave a Comment