Bupati Suntik Sapi, Momen Vaksinasi PMK Ternak Jelang Idul Adha

Karawang, KTD – Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana berkesempatan memberikan suntik vaksin Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) kepada Sapi ternak di Desa Wanasari Kecamatan Telukjambe Barat, Kamis (30/6/2022) pagi.

Bupati yang berlatarbelakang sebagai dokter ini dengan sangat hati hati berhasil menyuntikan vaksin kepada Sapi yang telah disiapkan oleh petugas Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Karawang.

“Puluhan tahun sudah tidak nyuntik pasien, sekalinya nyuntik langsung ke Sapi,” canda Bupati usai penyuntikan vaksin PMK dan pemberian vitamin bagi ternak sapi di Kandang milik H. Subur yang berada di Desa Baregbeg, Wanasari, Telukjambe Barat.

Bupati mengatakan, vaksinasi ternak adalah kegiatan yang sudah ditunggu-tunggu oleh para peternak. Karenanya, setelah vaksin tiba, ia langsung menginstruksikan dinas terkait untuk segera turun dan bergerak ke lapangan.

“Harapannya, setelah vaksin diberikan, sapi sehat siap dikonsumsi untuk menyambut Iduladha,” kata Bupati.

Ia menyatakan kegiatan vaksinasi ternak yang dilakukan pada kesempatan itu adalah langkah yang tepat untuk mencegah penularan hewan ternak di Kabupaten Karawang dari PMK.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Karawang, Handoko mengungkapkan, Kabupaten Karawang telah menerima 500 dosis vaksin PMK. Pelaksnaan suntik vaksin telah dilakukan sejak Sabtu lalu.

“Vaksin ini diperuntukan bagi sapi ternak atau sapi potong yang sehat, bukan untuk sapi yang pernah terjangkit PMK. Sementara bagi yang sedang masa pemulihan PMK, butuh waktu 6 bulan untuk diberi vaksin,” ungkap Handoko.

Ia mengatakan proses pemberian vaksin PMK untuk sapi akan dilakukan selama dua kali dalam kurun waktu 2 minggu seperti pemberian vaksin covid-19 pada manusia.

“Karawang sudah mulai vaksin PMK dari Sabtu kemarin, diawali dari Klari ada sebanyak 100 dosis, kemudian Pangkalan dan Tegalwaru 300 dosis serta Telukjambe Barat 100 dosis,” kata dia.

Dijelaskanya, pemberian suntik vaksin PMK pada sapi memang dilakukan secara merata keseluruh kecamatan. Pasalnya, di Kabupaten Karawang pembinaan insiminasi buatan (IB) titik locusnya hanya ada di 4 kecamatan.

“Kegiatan pelaksanaan vaksin PMK melibatkan para petugas vaksinator bersama petugas IB dengan pendampingan langsung oleh pihak Dinas Pertanian Kabupaten Karawang dengan jumlah total 13 orang,” ujarnya. (red)

Related posts

Leave a Comment