Wakil Bupati Karawang Resmikan P4S Kenanga di Gebyar PATEN Banyusari

Karawang, KTD – Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik Kabupaten Karawang khususnya di Kecamatan Banyusari, Pemerintah Kabupaten Karawang dan Kecamatan Banyusari mengelar Gebyar PATEN (Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan). Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh berserta jajaran Dinas terkait, Muspika Banyusari, Kepala Desa, serta perwakilan mitra pemerintah Kabupaten.

PT Pertamina Gas (Pertagas) selaku afiliasi Sub Jolding Gas Pertamina, melalui Operation West Java Area (OWJA) turut mendukung berlangsung nya kegiatan yang diselenggaran pada Selasa (6/9/2022) siang di Kantor Kecamatan Banyusari.

Pada kesempatan ini Aep Syaepuloh didampingi Irfan selaku UPTD Pertanian Banyusari dan Teddy Apri Riantiarno selaku Head of District Cilamaya Pertagas OWJA meresmikan secara simbolis gedung Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) Kenanga yang merupakan salah satu corporate social responsibility (CSR) Pertagas OWJA. P4S Kenanga dibina langsung oleh Dinas Pertanian Karawang melalui UPTD Pertanian Banyusari. Program P4S bertujuan untuk menjadikan suatu desa sebagai percontohan dan pusat pembelajaran bidang pertanian melalui peningkatan kapasitas masyarakat serta fasiltas pendukung yang memadai dalam kegiatan pembelajaran.

Sejak ditetapkan sebagai P4S Tahun 2021, KWT Kenanga Desa Tanjung, Pertagas OWJA dan Dinas Pertanian Kawarang terus berkoodinasi untuk pengembangan sarana dan prasarana P4S. Kini P4S Tanjung telah menjadi lokasi pelatihan bagi beberapa istitusi di sekitar Kabupaten Karawang, Universitas, dan juga kelompok UMKM lain di sekitar Desa Tanjung.

Dalam sambutannya, Aep Syaepuloh mengapresiasi pelaksanaan Gebyar Paten Kecamatan Banyusari dan peran Pertagas OWJA sebagai bagian kolaborasi antara Pemerintah dan Perusahaan dalam pengembangan masyarakat.

“Luar biasa sekali Gebyar Paten Banyusari ini. Terima kasih pak Camat beserta jajaran dan juga Pertamina Gas atas partisipasinya dalam mendukung pengembangan masyarakat di Karawang” ungkap Aep.

Usai sambutan Aep meninjau langsung pos-pos layanan pemerintah serta menyerahkan bantuan kemasyarakatan. Aep juga mengunjungi barisan stand produk UMKM dan termasuk di dalamnya stand KWT Kenanga binaan Pertagas OWJA yang memasarkan produk unggulannya yakni jamu siap minum dan instant serta kerupuk kencur.

Camat Banyusari, Iwan Ridwan memimpin langsung jalannya Gebyar PATEN Banyusari yang dibuka dengan penampilan kegiatan kesenian khas Karawang dan menghadirkan berbagai pos pelayanan publik yang dapat langsung melayani masyarkat, diantara adalah pos SIM Keliling, Pembayaran Pajak, Fasilitas Perbankanan dan lain-lain. Kegiatan tahunan ini juga menjadi ajang promosi produk olahan UMKM yang dihasilkan masyarakat Desa di sekitar Kecamatan Banyusari yang merupakan Kecamatan paling timur di Kabupaten Karawang.

Ditempat terpisah Manager Comunication Relation & CSR PT Pertamina Gas menyampaikan bahwa peresmian ini merupakan tolak ukur keberhasilan dari kerjasama antara perusahaan dengan pemerintah Kawarang melalui Dinas Pertanian dalam membantu Desa Tanjung melalui Program CSR Kawat Cinta menjadi desa mandiri yang memiliki kemampuan untuk menjadi mitra Dinas Pertanian dan penyebarluasan ilmu Pertanian khususnya di Kab. Karawang. (red)

Related posts

Leave a Comment