Teknologi Canggih, Smart City Harus Didukung dengan Budaya Kerja Masyarakat

Karawang, KTD – Sekda Karawang H. Acep Jamhuri menyatakan, infrastruktur Smart City yang dilengkapi atau dikonsep dengan teknologi canggih harus didukung dengan budaya kerja masyarakatnya.

“Saya berharap ini bermanfaat oleh semua, kita semua memiliki kekurangan masing-masing, kelemahan masing-masing, kita isi dengan teman-teman (OPD), kita saling mengisi InsyaAllah Karawang ke depan lebih baik,” sebut Sekda saat menutup kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Masterplan Kota Cerdas (Smartcity) dan Quick Win Program Unggulan Kabupaten Karawang di Britz Hotel pada Selasa (27/9/2022).

Menurut Sekda, Smartcity memberikan manfaat kepada masyarakat, memberikan pelayanan dengan tujuan dengan Undang-undang Dasar 1945 yakni memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Hal ini tentu luar biasa bagus, bagaimana budaya kerja, budaya masyarakat, bagaimana didukung dengan teknologi yang bagus. Smartcity ini termasuk bagaimana juga konsep spesifik kedepan yang membangun tidak hanya 1 dinas atau OPD tetapi potensi ini membangun bersama dan ada kesinambungan dengan satu sama lain sehingga tujuan yang dicapai itu jelas,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Tim Pelaksana Smartcity Kabupaten Karawang, H. Asip Suhendar melaporkan rangkaian Bimtek Penyusunan Masterplan Kota Cerdas (Smartcity) dan Quick Win Program Unggulan Kabupaten Karawang yang dimulai sejak 4 bulan lalu dimulai pada Juni hingga September 2022.

“Penyusunan masterplan Smartcity dilaksanakan secara bertahap selama 4 bulan, bulan Juni sampai dengan September tahun 2022, di mana setiap bulannya dilaksanakan bimtek selama 2 hari. Sesuai dengan arahan Kominfo yakni Gerakan Menuju 100 Smart City merupakan awal yang baik untuk mewujudkan mimpi bangsa ini menjadi digital nation,” ujarnya.

Dari hasil Bimtek ini, lanjut dia, menghasilkan enam pilar dengan membagi kelompok sesuai dengan tugas dari perangkat OPD yakni smart governance, smart society, smart living, smart economy, smart environment, dan smart branding.

“Semoga Smarcity di kabupaten Karawang ini dapat dilaksanakan dengan baik dan tentunya membawa barokah serta kesejahteraan bagi masyarakat kabupaten Karawang,” ungkapnya.

Usai ditutup, Sekda bersama para Kepala OPD dan Pimpinan Instansi Vertikal serta perguruan tinggi di Kabupaten Karawang melakukan penandatanganan Komitmen Bersama Menuju Smartcity Kabupaten Karawang. (red)

Related posts

Leave a Comment