puskesmas

Karawang,KTD-Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, menyiagakan 38 pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas)di wilayah setempat agar buka pelayanan 24 jam selama arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah.
“Dari 50 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang ada Karawang, 38 puskesmas di antaranya disiagakan 24 jam dalam rangka pelayanan kesehatan selama Lebaran,” kata Kepala seksi Pelayanan Kesehatan Rasyid kepada Karawangtoday.com.

Lanjutnya,tujuan disiagakan Puskesmas tersebut agar mengurangi korban jiwa saat terjadi kecelakaan. Jadi kita sudah ada penyelematan darurat terlebih dahulu sebelum dirujuk ke rumah sakit.

Tindakan siaga 24 jam ini, tambah Rasyid, terutama berada di jalan raya Tanjungpura dan Jomin.Selain puskesmas, 20 rumah sakit juga tetap buka selama libur Lebaran. Tim medis yang bertugas tahun ini merupakan tim medis yang sudah mendapat cuti tahun lalu. “Jadi mereka gantian, ada shifnya,” tandasnya.

Dinkes juga telah mendirikan beberapa posko kesehatan di sepanjang jalur mudik. Pengobatan kepada pemudik diberikan secara cuma-cuma alias gratis.Pemudik disarankan beristirahat di pos kesehatan ketika mengalami kelelahan di jalan. Di sana telah siaga dokter, ambulans dan obat-obatan untuk menjaga kesehatan para pemudik. Mereka bisa memeriksa tekanan darah, dan meminta layanan kesehatan lainnya
.“Kita akan mengimbau para pemudik untuk menjaga kondisi tubuh saat berkendara. Apabila kondisi tubuh capek atau kurang sehat jangan memaksakan diri, lebih baik beristirahat,” pungkasnya.(may)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here