Karawang, KTD- Di setiap tahun,setelah para pendatang menyelesaikan kegiatan mudik, mereka tidak serta merta kembali ke Karawang dengan datang sendiri saja, melainkan mengajak teman atau saudara sekampungnya untuk mendapatkan pekerjaan di Karawang. Tidak sedikit pendatang yang masuk ke kota lumbung padi ini, pencapaianya bahkan sampai ribuan orang. Para pendatang yang umumnya mencari pekerjaan di Karawang dibawa oleh sanak-saudara dari kampung asalnya untuk mengadu nasib di Karawang. Pemerintah kabupaten Karawang tidak memberikan jaminan apapun kepada pendatang.

WARGA PENDATANG 1

Untuk Tahun ini saja, diperkirakan 9000 orang pendatang yang akan bekerja di Karawang. Jumlah ini sama halnya satu persen dari jumlah penduduk kota Karawang yang mencapai 2 juta. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil, Yudi Yudiawan, menyebut data tersebut masih sekedar perkiraan. Sebab sampai saat ini, Karawang belum mengadakan operasi yustisi pasca lebaran.

Yudi menghimbau agar para pendatang harus memiliki keahlian, modal dan pengetahuan. “Kalau tidak memiliki keahlian, modal dan pengetahuan khawatir nanti pendatang akan terlunta-lunta. Terlebih mereka dibawa oleh salah satu keluarganya yang sudah lebih dulu disini. Tidak ada penjamin dari pemerintah,” katanya.

Disdukcatpil tidak memberikan sanksi apapun bagi para pendatang, sebab Disdukcatpil hanya lakukan pendataan. Bagi para pendatang yang akan menetap di Karawang, kata Yudi diharap untuk segera mengurus administrasi kepedudukannya dengan membuat KTP dan juga KK. Namun bagi penduduk non permanen, mereka harus melapor ke wilayah.

Sementara itu, kegiatan operasi yustisi yang nanti akan dilakukan Disdukcatpil di beberapa lokasi antara lain yang menjadi sasaran di daerah Karawang kota dan Cikampek. Terutama ditempat-tempat keramaian, mall dan kosan. “Yang menjadi sasaran yaitu tempat-tempat strategis yang memang menjadi sasaran para pendatang. Kita bekerjasama dengan Satpol PP Kabupaten, Kasie trantib Kecamatan dan Kasie Kependudukan,” ungkapnya. (May)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here