disnaker may

KTD- Meski Karawang merupakan salah satu kabupaten dengan banyak kawasan industri, namun Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kab Karawang mencatat masih tingginya angka pengangguran, yakni sekitar 114 ribu jiwa. Jumlah tersebut terlihat dari jumlah pemohon kartu kuning yang menjadi salah satu persyaratan untuk melamar kerja.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Karawang, Ahmad Suroto mengatakan, penyebab tingginya angka pengangguran dikarenakan jumlah lowongan kerja tak berbanding lurus dengan jumlah para pencari kerja.

“Masalah pengangguran ini sangatlah kompleks. Ada beberapa faktor penyebabnya. Salah satunya, minimnya lowongan pekerjaan. Sedangkan, jumlah pencari kerja membludak hampir setiap tahunya terus bertambah. Selain itu, faktor lainnya yaitu soal pendidikan dan banyaknya pekerja yang di PHK,” ujar Suroto.

Salah satu indikator angka pengangguran tinggi, terang dia, terlihat pada setiap sehabis lebaran dan setiap tahunya kian bertambah dengan lulusnya pelajar sekolah yang menjadi penyumbang angka terbanyak pada momen tersebut, warga Karawang berbondong-bondong memohonkan kartu kuning.

“Namun sayangnya, jumlah lowongan pekerjaan yang ada di beberapa kawasan industri masih sangat minim dan belum mampu mengurangi angka pengangguran di kabupaten karawang ini,” cetus dia.(may)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here