Bupati Cellica : “Popkab Jadikan Ajang Prestasi Pelajar”

 

popkab

Setiap orang pasti memiliki peluang untuk meraih prestasi dan kesuksesan. Untuk itu, melalui Pekan Olahraga Pelajar Kabupaten (Popkab) Karawang yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang bidang Pemuda dan Olahraga (PO) dari 29-31 Maret 2016, harus dijadikan dan dimanfaatkan oleh setiap siswa dan guru sebagai pemicu untuk meraih prestasi, meningkatkan kualitas, mengukur kemampuan dan melahirkan atlet-atlet berbakat.
Bupati Karawang, Cellica Nurachadiana mengatakan, bahwa setiap kecamatan yang ada di Karawang telah mengirimkan siswa-siswi terbaiknya untuk bertanding di Popkab Karawang. Bahkan setiap kecamatan sudah mengukir prestasi yang membanggakan sampai dengan tingkat provinsi Jawa Barat. Popkab Karawang 2016 tersebut, harus mampu melahirkan siswa-siswi yang mampu berpretasi di tigkat nasional. Sehingga mampu mengharumkan nama baik Karawang.

“Saya ucapkan terimakasih kepada guru, Pembina, pelatih, siswa dan semuanya dan saya juga sangat mengapresiasi semua pihak yang telah turut mensukseskan Popkab Karawang tahun 2016.  Semoga kegiatan ini bisa dijadikan moment silaturahmi antara guru, siswa dan yang lainya. sehingga kegiatan mampu memberikan manfaat untuk perkembangan dunia olehraga di Karawang, yang akhirnya mampu melahirkan atlet-atlet yang mampu bersaing ditingkat nasional ataupun privinsi,” ujar Cellica Selasa (29/3) dalam sambutanya.

Sementara itu, Kepala Bidang PO Disdikpora Karawang,  Rakhmat Gunadi mengatakan, pelajar merupakan bagian dari sumber insani pembangunan, yang populasinya cukup besar dan memiliki ciri-ciri yang hakiki anatara lain kemurnian, idealisme, berani, mampu mengambil resiko, mampu menyerap nilai-nilai gagasan baru, semangat nasionalis, dinamis, kreatif serta mamiliki fisik yang kuat. Sehingga memungkinkan untuk meningkatkan kemampuanya.

"Dengan hal tersebut kita mempunyai modal potensial untuk pembangunan olahraga di karawang, khsusnya dikalangan pelajar. Maka perlu dilakukan pembinaan yang teratur, terencana dan berkesinambungan. Selain itu, para pelajar juga harus diberikan panggung untuk menunjukan hasil dari latihan yang dilakukanya selama ini, agar semua yang telah dilatihnya dapat terukur dan bisa diketahui batas kemampuanya. Makanya dengan Pobkab inilah, pelajar di Karawang bisa menyalurkan semua kemampuanya," katanya.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini yaitu berasal dari 30 kecamatan di Kabupaten Karawang dari tingkat SD sampai dengan SMA sederajat. dimana untuk tingkat SD ada 8 Cabor yang dilombakan diantaranya atletik, tenis meja, bulu tangkis, catur, bola voli mini karate dan pencak silat. Dimana peserta yang bertanding dalam pobkab tingkat sd adalah para juara yang sebelumnya bertanding di tingkat Kecamatan.

"Untuk tingkat SMP sendiri ada 9 Cabor yang dilombakan diantaranya Atletik, renang, bola voli, tenis meja, bulutangkis, karate, pencak silat, catur, dan sepak bola mini. Tingkat SMP juga sama dengan tingkat SD, yang bertanding di Kabupaten adalah para juara di masing-masing komisaritnya," katanya.

Sedangkan untuk tingkat SMA, kata Gunadi, ada 5 cabor yang dipertandingkan yaitu atletik, tenis meja, bulutangkis, karate, dan pencak silat. Namun ada dua cabor yang dipertandingkan oleh SMA dan SMK yaitu bola voli dan basket.

"Keberhasilan penyelenggaraan Popkab ditentukan oleh semua unsur, baik panitia, perserta dan pihak lainya. Maka dari itu, saya mengharapkan kerja samanya dan diharpkan semuanya patuh terhadap aturan yang sudah ditentukan. Kesuksesaan acara ini juga akan menentukan masa depan dunia olahraga Kabupaten Karawang," pungkasnya. (Myz)

Category: Karawang, Pendidikan
No Response

Leave a reply "Bupati Cellica : “Popkab Jadikan Ajang Prestasi Pelajar”"