KUJANG

Karawang, KTD- PT. Pupuk Kujang pastikan ketersediaan pupuk untuk kebutuhan pertanian akan terpenuhi. Pihak manager Humas PT Pupuk Kujang Ade Cahya Kurniawan mengatakan ketersediaan pupuk dari gudang produsen hingga tingkat distributor maupun pengecer mampu memenuhi kebutuhan petani . Dilihat dari total stok pupuk 172.939 ton. Sedangkan realisasi penyaluran pupuk urea bersubsidi di Jawa Barat sampai dengan 31 juli 2016 sebesar 367.655 ton atau 104,38% dibandingkan dengan ketentuan pergub sebesar 352.242 ton.

Pupuk Kujang juga mengeluarkan inovasi produk baru berupa  pupuk ritel (non subsidi) guna meningkatkan kualitas hasil pertanian  dan menjangkau konsumen yang lebih luas. Beberapa produk retail Pupuk Kujang antara lain : benih padi pareku,benih hortus cabai dan tomat,pupuk jeranti, pupuk bion up(pupuk cair). Pupuk ritel dikemas dengan ukuran kecil(5 kg) dengan harga yang agak mahal.

Saat ini PT Pupuk Kujang tidak hanya memasok pupuk ke daerah Jawa Barat saja, melainkan ke daerah Banten serta DKI Jakarta . total kebutuhan untuk kota tersebut mencapai 632 ton urea NPK 150.000,organik 63.732 ton. Dengan begitu, harapan petani ingin menyejahterakan pangan masyarakat. Tahun 2015, ada beberapa faktor  realisasi penyerapan berupa kekeringan panjang ,munculnya pupuk baru/pupuk palsu,alih fungsi lahan pertanian. Adapun kebutuhan petani seperti pengairan,pupuk,dan hasil panennya dapat dijual dengan harga lebih baik.

Dengan begitu pemerintah perlu melakukan sosialisasi kepada para petani untuk melakukan pupuk asli guna menjamin kualitas. Adanya kepastian stok pupuk diharapkan tidak ada lagi keluhan dari para petani yang sulit mendapatkan pupuk. (Eno/Panji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here