Fisip UBP Gelar Lokakarya Peninjauan Kurikulum Prodi Ilmu Hukum

 

Karawang, KTD- Dinamika pengembangan kurikulum pendidikan di Indonesia mengharuskan secara berkala dilakukan telaah ulang kurikulum yang akan dievaluasi pada saat akreditasi program studi. Salah satu manfaat redesain kurikulum tersebut adalah selalu mengikuti perkembangan pengetahuan dan trend kebutuhan yang sedang berkembang. Lokakarya peninjauan kembali kurikulum program studi ilmu hukum perlu dilakukan dalam rangka untuk menyesuaikan kebutuhan peserta didik yang berfokus pada capaian pembelajaran/kompetensi lulusan, perbaikan strategi/metode pembelajaran dan bagaimana proses penilaian dan evaluasi pembelajaran dilakukan.
Dalam rangka menyesuaikan kurikulum pada semua Program Studi (prodi) Hukum (S1) Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial (Fisipol) Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang, menyelenggarakan Lokakarya Peninjauan Kurikulum dan Penyusunan SKPI, Senin (10/7) pagi di Kampus UBP Karawang. Lokakarya ini diikuti oleh  jajaran pimpinan, kepala program studi, dan tim kurikulum dari masing-masing program studi baik S1 maupun Diploma.
Eigen Justisi Kaprodi Ilmu Hukum UBP menyatakan pada pelaksanaan kegiatan lokakarya tersebut, Fakultas memiliki konsekuensi pada keharusan bagi setiap pengelola program studi untuk melakukan penyesuaian pada sistem belajar mengajar yang selama ini telah ditetapkan.
“Sehingga setiap  program studi harus  mereview kembali kurikulum akademiknya secara intens  dengan melibatkan para stakeholder masing masing terkait pengelolaan program studi baik identifikasi mata kuliah, pembobotan satuan kreditnya, serta  distribusi setiap mata kuliah pada tiap semesternya,” ungkap Eigen saat diwawancarai.
Selanjutnya, hasil Lokakarya akan dijadikan pedoman bagi fakultas dalam menjalankan kegiatan kegiatan akademik dan non akademiknya, sekaligus menjadi standart untuk melihat tingkat keberhasilannya proses pendidikan bagi seluruh mahasiswa.
“Tentu saja sangat dimungkinkan bahwa dalam kurun waktu tertentu akan banyak muncul kepentingan yang perlu diakomodir dalam kurikulum ini, maka sangat dimungkinkan bahwa kedepan akan secara rutin diselenggarakan lokakarya sejenis dalam rangka memperoleh sistematika pembelajaran yang lebih sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan visi misi  institusional,” katanya.
Ia berharap kegiatan lokakarya peninjauan dan pengembangan kurikulum ini dapat meningkatkan mutu dan menyempurakan mutu tesis produktivitas, kesejahteraan masyarakat.
Hadir menjadi narasumber dalam acara tersebut antara lain dari STIN dan Unpar Bandung. Ketua Assosiasi penyelenggara prodi ilmu hukum indonesia serta instansi pemerintahan dari LP, kepolisian kejaksaan, pengadilan negeri, pengadilan agama, apindo, disnaker dan serikat pekerja. (Panji)
Category: Karawang, Pendidikan
No Response

Leave a reply "Fisip UBP Gelar Lokakarya Peninjauan Kurikulum Prodi Ilmu Hukum"