Karawang, KTD- 27 pelajar SMA se Kabupaten Karawang dinobatkan menjadi penobatan Duta Hukum dan HAM oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM  Seprizal. Penobatan Duta Hukum dan HAM Pembinaan Kesadaran Hukum bagi Pelajar Tingkat SMA/SMK/MA se-Kabupaten Karawang 2017 digelar di Hotel Resinda Karawang, Senin (31/7).

”Penobatan ini berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Nomor: W11.2395.HN.03.01 Tahun 2017 Tanggal 18 April 2017 tentang Penobatan Duta Hukum dan HAM Pelajar Jawa Barat di Kabupaten Karawang” kata Seprizal.
Menurut Seprizal, pengangkatan Duta Hukum dan HAM pelajar ini dilatarbelakangi karena minimnya perilaku sadar hukum dalam masyarakat.
”Pembinaan perilaku ini perlu dilakukan sejak dini dan para pelajar sebagai generasi penerus merupakan duta potensial yang dapat membantu menyebarluaskan pemahaman hukum dan HAM dalam lingkungan sekolah khususnya dan masyarakat pada umumnya,” jelasnya.
Ia berharap peningkatan kesadaran hukum harus dimulai dari pendidikan. Pendidikan yang baik akan menghasilkan manusia yang bertanggung jawab, toleran dan peduli lingkungannya. ”Hanya orang-orang terpelajarlah yang mencintai ketertiban dan keharmonisan hidup bermasyarakat,” katanya.
Karena itu, kesadaran hukum di kalangan pelajar sangat diperlukan. Kesadaran hukum yang tinggi di kalangan pelajar dapat memberi kenyamanan dan kedisiplinan, khususnya di sekolah dan pada umumnya di lingkungan masyarakat dan negara.
Dalam kesempatan tersebut, ke-27 Pelajar membacakan deklarasi Pelajar Sadar Hukum dan HAM oleh perwakilan pelajar Duta Hukum dan HAM.
Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Majelis Kehormatan Notaris di Hotel Resinda Karawang yang diikuti oleh 200 (duaratus) orang peserta terdiri dari pegawai Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat, pihak Kepolisian, Kejaksaan, Hakim, dan Notaris di wilayah Karawang. (Panji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here