Dinas Perikanan Harapkan adanya Perda Zonasi Pesisir

0 1379
Ciparage

Ciparage batal dibuat daerah pelabuhan karena merupakan potensi karang. (Foto; Yuda)

Karawang, KTD- Kepala Bidang Kelautan Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK) Karawang, Duralim Suarli berharap agar pembuatan Peraturan Daerah  tentang zona pesisir di Karawangbisa terlaksana Tahun 2015.

Dia mengaku sudah memberikan draf tentang zonasi pesisir ke Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Karawang. Namun sejauh ini dirinya juga masih belum mengetahui  perkembangannya di Bappeda.

“Kita masih menunggu kabarnya,” ujarnya ketika pembahasan Kajian Lingkungan Hidup Strategis di Indo Alam Sari, Selasa (30/9/14).

Dalam hal ini, sambungnya, pembuatan zonasi pesisir ini sesuai dengan amanat Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengetahui potensi-potensi pesisir di Karawang dan pembangunannya juga pengawasan pembangunan di pesisir Karawang nantinya.

 “Pembuatan peraturan tentang zonasi pesisir ini, leading sektorkan Bappeda yang mengatur rancangan daerah pesisir kedepannya nanti. Dengan luas sekitar 84 km lahan pesisir, tentunya memiliki potensi yang luar biasa,” kata Suarli.

Oleh karenanya, zonasi daerah pesisir begitu sangat penting untuk Karawang ini. Bahkan dirinya juga berencana untuk melakukan langkah kepada Bappeda. Tujuannya agar Bapeda segera melakukan pembuatan zonasi pesisir. Peruntukan-peruntukan nantinya akan lebih jelas dalam zonasi pesisir ini. Sehingga masyarakat akan memahami potensi daerahnya ini untuk apa kedepannya.

“Seperti daerah Ciparage yang dahulu akan dibuat daerah pelabuhan, tapi dipindahkan ke Tempuran karena saat dilihat dalam peta, itu merupakan potensi karang,” ujarnya.

Lanjutnya, potensi karang-karang ini sangatlah penting, karena menjadi salah tempat untuk pertumbuhan ikan-ikan yang akan menjadi lahan para nelayan.

“Untuk pembuatan pelabuhan pun, diharapkan nantinya harus juga dibuatkan tempat-tempat pembuatan karang-karang buatan, supaya tidak mengganggu pertumbuhan ikan-ikan untuk para nelayan,” ujarnya. (yfs)

Category: Ekbis, KarawangTags:
No Response

Leave a reply "Dinas Perikanan Harapkan adanya Perda Zonasi Pesisir"